Laporan Perjalanan Lomba Pemuda Menulis


Latar belakang
Pemuda Menulis adalah sebuah program yang digagas oleh Garda Pemuda NasDem Indonesia. Program ini merupakan sebuah wadah yang menampung berbagai ide brilian dari pemuda dan pemudi Indonesia yang masih berstatus mahasiswa, baik strata satu atau strata dua. Program ini tidak hanya mengedukasi mahasiswa untuk mengasah kemampuan di bidang menulis, tetapi juga menggelorakan semangat dan kreativitas mahasiswa guna menaungkan gagasannya demi menciptakan suasana Tanah Air yang kondusif di segala lini kehidupan.

Bidang energi adalah topik yang diangkat dalam lomba menulis Garda Pemuda NasDem. Pasalnya saat ini energi merupakan salah satu elemen penting untuk memajukan ekonomi dan taraf hidup suatu bangsa. Bahkan organisasi Internasional PBB menetapkan energi sebagai salah satu indikator penilaian kemakmuran dari suatu bangsa. Namun begitu, ketersediaan energi di Indonesia masih belum dikatakan mumpuni, hal ini terlihat dari masih terdapat sekitar 2000 lebih desa yang belum mendapatkan fasilitas listrik dan juga masih sulitnya menemukan bahan bakar di wilayah-wilayah tertentu. Berdasarkan tantangan ini, Garda Pemuda NasDem mengundang seluruh pemuda-pemudi Indonesia yang berstatus mahasiwa untuk memberikan kontribusi pemikirannya dengan topik “Ketahanan Energi Indonesia; Tantangan dan Solusi dari Perspektif Kepemudaan.” Dengan topik tersebut, Program Pemuda Menulis diikuti lebih dari 1784 mahasiswa dari 450 universitas di Tanah Air, baik negeri maupun swasta.

Menariknya, Pemuda Menulis bukan sekedar ajang kompetisi menulis yang berhadiah sejumlah nominal dan setelah itu bubar - tanpa adanya tindaklanjut. Namun, Pemuda Menulis adalah tempat yang tepat bagi pemuda-pemudi yang memiliki ide baru di bidang energi. Lantaran 10 ide pemuda terpilih akan diundang ke Jakarta untuk memersentasikan gagasannya di hadapan juri yang berpengalaman di bidangnya. Kemudian, ide tersebut akan diimplementasikan dengan menggandeng kerjasama pihak terkait, semisal DPR RI dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral RI dan lain-lain.

Tujuan
1. Memberi peluang kepada mahasiswa di seluruh Indonesia untuk memberikan kontribusi
    idenya melalui tulisan
2. Menggelorakan semangat menulis kepada mahasiswa di seluruh Tanah Air
3. Menampung ide-ide brilian pemuda di bidang energi, kemudian ide tersebut diaplikasikan dalam kehidupan

Waktu dan Tempat Kegiatan
Waktu Lomba :
Pembukaan Pendaftaran & Submit Tulisan : 28 Feb 2018 s/d 19 April 2018
Pengumuman Finalis                                                 : 28 April 2018
Final dan Penganugerahan Pemenang                   : 05 Mei 2018 

Lokasi Lomba :
Lokasi Presentasi (Final) : DPD Partai NasDem Indonesia di Jakarta
Lokasi Penyerahan Hadiah : Kementerian Pemuda dan Olahraga RI

Peserta
Ada 10 finalis (termasuk saya) yang terpilih dari beragam universitas ternama di Indonesia. Adapun nama-nama tersebut, yakni sebagai berikut;
1. Aldi Herbanu, Universitas Sriwijaya
2. Amar Muammar Qadafi, Institut Pertanian Bogor
3. Chairani Farahdiba, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
4. Fitri Hidayah, Universitas Negeri Semarang
5. Ganesha Gajah, Institut Teknologi Bandung
6. Ilham Buchori, Universitas IBA Palembang
7. Imam Fauzi, Universitas Negeri Yogyakarta
8. Muhammad Fadli Muslimin, Universitas Gadjah Mada
9. Pramukti, UPN Veteran Yogyakarta
10. Rudi Setiawan, Institut Teknologi Bandung

Pembiayaan
Biaya dalam melakukan perjalanan ini ditanggung oleh panitia, mulai dari tiket pesawat pulang-pergi, transportasi selama di Jakarta, dan penginapan. 

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Ngobrol Asik..

Followers