Sumsel Gemilang: Rakyat Hidup Sejahtera, Makmur dan Harmonis

Sebagai salah satu warga yang tinggal di Sumatera Selatan, rasanya saya sangat bersyukur. Betapa tidak, provinsi yang beribukota di Palembang ini semakin hari semakin berbenah dan berubah. Perlahan makin perlahan sarana prasarana untuk kepentingan umum didirikan. Sebut saja misalnya fasilitas olahraga bertaraf internasional Jakabaring Sport City, rumah sakit bertaraf internasional, fly over, dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan pula, program pro rakyat yang terus digulirkan, seperti sekolah dan berobat gratis yang menuai sukses di kota/kabupaten yang ada di Sumsel, peluncuran Askesos alias Asuransi Kesejahteraan Sosial bagi pekerja sektor informal, dan lain sebagainya.

Ir. H. Alex Noerdin,
Gubernur Sumatera Selatan Saat ini
(Sumber; di sini)
Namun, tahukah Anda siapa yang berada di balik keberhasilan tersebut? Ya, siapa lagi kalau bukan Gubernur Sumatera Selatan kini; H. Alex Noerdin. Berkat pikiran yang kritis dan gebrakan inovatifnya, ia mampu menjadikan Sumsel sebagai provinsi yang semakin dikenal masyarakat di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Jujur saya akui, H. Alex Noerdin memang tipikal pemimpin yang berani mengambil tindakan. Walau banyak orang yang mencibir dan meragukan tindakannya, namun ketika ia bertekad, hasilnya sangat membanggakan. Bisa dibilang, pada masa pemerintahannya, banyak keberhasilan pembangunan yang terjadi di Sumatera Selatan. Berikut ini, telah saya rangkum beberapa bidang yang keberhasilannya sangat gemilang di bawah kepempinannya;

Pertama, di Bidang Pendidikan
Semenjak diberlakukannya Program Sekolah Gratis oleh H. Alex Noerdin Maret 2009 silam, semua siswa/siswi mulai dari pendidikan dasar hingga SMA/Sederajat baik negeri maupun swasta yang ada di di kota/kabupaten di Sumsel dapat mengenyam pendidikan secara gartis. Dengan adanya gebrakan inovatif tersebut, banyak orangtua merasa terbantu. Mereka tak perlu memutar otak untuk mengeluarkan biaya sekolah untuk anaknya.

Guna meningkatkan mutu pendidikan di Sumsel, Gubernur H. Alex Noerdin tiap tahunnya meningkatkan alokasi dana APBD untuk pendidikan. Dana tersebut bukan hanya diperuntukan bagi biaya pendidikan untuk anak SD hingga SMA, namun dimanfaatkan pula untuk membangun sarana dan prasana penunjang kegiatan sekolah. Dengan begitu, mantan Bupati Muba ini tidak mau mendengar lagi asalan orangtua untuk tidak menyekolahkan anaknya karena keterbatasan finansial. Alhasil, sejak diberlakukannya program sekolah gratis tersebut, jumlah anak yang bersekolah di provinsi terkaya ke-5 ini mengalami peningkatan.

Salah Satu Pelajar SD di Sumsel Bersama Ir. H. Alex Noerdin
(Sumber; diambil di sini)
Hal inipun mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia yang terampil dan handal di Sumsel sehingga mampu bersaing di tingkat global. Tak mengherankan, jika kesuksesan Gubernur H. Alex Noerdin dalam memajukan pendidikan di Sumsel menjadi terdepan, membuat sejumlah provinsi lain melakukan studi banding dan bahkan mencontoh gebrakan inovatif ini.

Kedua, di Bidang Kesehatan
Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat. Mungkin, ungkapan tersebut sangat diindahkan oleh H. Alex Noerdin, Gubernur Sumsel. Makanya ketika dia dilantik sebagai Gubernur Sumsel, tak berapa lama dia langsung merealisasikan salah satu janji kampanyenya, yakni program bebas biaya kesehatan bagi rakyat Sumsel. Walau selama program berobat gratis berjalan mendapati kendala dan tantangan, namun H. Alex Noerdin dapat mengatasinya dengan baik.

Ir. H. Alex Noerdin Melihat Pelayanan Berobat Gratis
Di Puskesmas Indralaya, Sumsel
(Sumber; diambil di sini)

Yang mulanya masyarakat belum memiliki jaminan kesehatan, namun sejak kepemimpinannya masyarakat mendapat pelayanan kesehatan gratis di seluruh Puskesmas di Sumsel dan Rumah Sakit tipe C, B, dan A yang menjadi rujukan melalui beragam asuransi atau jaminan kesehatan. Dampak positif program berobat gratis ini sendiri dirasakan betul oleh keluarga besar saya khususnya, masyarakat Sumsel pada umumnya. Tidak mengherankan jika program pro rakyat ini menarik perhatian Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). Mereka pun berencana menjadikan program Berobat Gratis sebagai percontohan di tingkat nasional.  Bahkan yang lebih mengejutkannya lagi, Program Berobat Gratis yang digagas oleh H. Alex Noerdin ini mengantarkannya memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran Sumsel merupakan provinsi pertama di Indonesia yang melaksanakan Program Berobat Gratis.

Di samping program kesehatan gratis yang dinilai berhasil, pria kelahiran 9 September 1950 ini juga meluncurkan Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos) bagi pekerja sektor informal. Asuransi ini merupakan inovasi baru yang dikeluarkan Pemprov Sumsel untuk meringankan para pekerja sektor informal. Komitmen ayah dari Dodi Reza ini terhadap kesehatan rupanya bukan hanya sebatas itu saja. Di bawah dapuk kepemimpinannya, ia juga melengkapi semua fasilitas kesehatan untuk masyarakat dengan membangun Rumah Sakit (RS) Mata dan RS Gigi bertaraf internasional, serta memindahkan Rumah Sakit Jiwa Ernaldi Bahar yg tadinya beradi di KM 6 ketempat yang baru, luas, dan layak.

Ketiga, di Bidang Ekonomi dan Industri
Keberhasilan yang sangat menonjol sejak kepemimpinan gubernur H. Alex Noerdin berikutnya di bidang ekonomi dan industri. Dari data BPS tahun 2011, persentase pertumbuhan ekonomi Sumsel terus meningkat dibanding tahun 2010 yaitu dari angka 6,98 % di tahun 2010 melejit menjadi 8,03 % tahun 2011. Dengan demikian, angka pertumbuhan ekonomi tersebut meningkat sebanyak 86,92 % dibanding angka di tahun lalu, sementara rata-rata laju pertumbuhannya adalah 6,7 % selama tiga tahun terakhir.

Dampak dari meningkatnya laju pertumbuhan ekonomi di di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membuat jumlah angka pengangguran terus mengalami penurunan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, tercatat pada tahun 2007 jumlah angka penganguran di Sumsel hanya 9,34 persen lalu berkurang di tahun 2008 menjadi 8,08 persen. Kemudian, tahun 2009 tingkat pengangguran di Sumsel kembali mengalami penurunan menjadi 7,61 persen. Dan pada tahun 2010, angka pengangguran di Sumsel hanya 6,65 persen saja.

(Sumber; diambil di sini)
Sementara itu, untuk Indeks Prestasi Manusia (IPM), Provinsi Sumatera Selatan juga terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Menurut BPS, IPM Sumsel tahun 2011 naik angkanya menjadi 73,31 dibanding angka tahun 2010 yang sebesar 72,95. Data BPS menunjukkan bahwa selama 5 tahun terakhir IPM sumsel terus meningkat dengan rata-rata angka sebesar 72,46.

Keempat, di Bidang Olahraga
Estafet kepemimpinan dari Gubernur Sumsel yang terdahulu hingga ke tangan Gubernur H. Alex Noerdin tetap berlanjut dengan baik – bahkan sangat baik. Terlebih di bidang olahraga. Jika kita balik ke belakang dan mengingat-ingat, bahwa beberapa tahun lalu di Sumatera Selatan tak banyak gedung olahraga berkelas internasional. Namun berkat keberanian anak dari H. Muhamad Noerdin Pandji ini mengemban amanat sebagai Tuan Rumah Sea Games ke XXVI pada 2011 silam, ia berpacu dan bekerja ekstra membangun venues-venue berkelas internasional di kawasan Jakabaring.

Kesuksesan Sea Games di Palembang
(Sumber; diambil di sini)
Sayangnya, ketika ia menyanggupi Sumsel menjadi Tuan Rumah Sea Games, banyak orang meragukan tindakannya dan ada pula yang mencibirnya. Namun karena tekadnya ingin memajukan dunia olahraga di provinsi Sumsel, akhirnya cibiran dan keraguan itu membuahkan pujian. Kesuksesan putera ketiga dari tujuh bersaudara ini menyelenggarakan pesta olahraga dua tahunan Asia Tenggara untuk pertama kalinya di luar Pulau Jawa, membuat ia diganjar penghargaan oleh perusahaan marketing, Markplus Inc sebagai The Best Regional Leader of The Year 2011. Tak cukup sampai disitu. Ia juga mendapatkan penghargaan bergengsi Pembina Olahraga Terbaik 2011 pada ajang Anugerah Olahraga Indonesia (AORI) yang digelar oleh Tabloid BOLA dari Kompas Gramedia Group. Luar biasa!

Walaupun Sea Games usai digelar, namun sederet kejuaraan olahraga berkelas dunia semakin banyak diadakan di Bumi Sriwijaya. Hal itupun membuat kita sebagai masyarakat Sumsel merasa bangga dan menguntungkan. Pasalnya, jika selama ini kita hanya bisa menyaksikan kejuaraan internasioanl hanya lewat layar kaca, tapi kini kita bisa menyaksikannya secara langsung.

Kelima, di Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi
Saat ini gelombang kecepatan teknologi dan informasi telah menghantarkan perubahan-perubahan yang besar dan cepat. Pemanfaatan TIK dinyatakan optimal jika menghasilkan pelayanan publik yang efektif dan efisien, baik dari segi biaya, waktu, dan tenaga. Hal itupun telah dilakukan oleh kantor dan instansi yang berada di wilayah Sumsel. Hampir di sejumlah kantor dan instansi yang berada di kota/kabupaten Provinsi Sumsel kini telah menggunakan sistem komputerisasi dan layanan internet untuk melayani masyarakat dan mempermudah akses informasi satu sama lain.

Sumsel Free Wifi
(Sumber; diambil di sini
)
Selain itu, guna mengusung konsep Sumatera Selatan Cyber City, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, dalam hal ini Dishubkominfo Sumsel juga memasang hot spot Wi-Fi (wireless fidelity) di sejumlah titik keramaian, seperti di bandara, tempat wisata, pusat perbelanjaan, taman kota, terminal, stasiun, dan lain sebagainya. Sehingga dengan begitu, akan semakin mempermudah dan mempercepat masyarakat untuk beraktivitas secara lebih leluasa. Diharapkan pula dengan adanya layanan tersebut, bisa membuka cakrawala pengetahuan masyarakat Sumsel agar melek teknologi.

Keenam, di Bidang Pembangunan Infrastruktur
Tongkat kepemimpinan di Sumsel telah dijalankan dengan baik oleh gubernur yang bertugas di masanya. Para gubernur terdahulu berjibaku membawa Sumsel menjadi lebih baik, tak ketinggalan pula dengan Gubernur sekarang, H. Alex Noerdin. Berkat kepiawaiannya dalam memimpin roda pemerintahan di Sumsel, kini Sumsel kian diperhitungkan di kancah nasional bahkan internasional. Di tangannya, berbagai pembangunan infrastruktur terus berdiri dan tergolong berkelas dan pengerjaannya jelas dan terukur, sebut saja beragam gedung olahraga, sekolah, fly over, rumah sakit, jalan, jembatan, sarana dan prasarana publik lainnya. Tidak heran jika keberhasilan dalam membangun infrastruktur, Sumsel banyak dihujani prestasi. Jika berbicara kelayakan sarana dan prasarana, tercatat Sumsel menempatkan posisi sebagai provinsi terbaik dan terdepan di luar provinsi di Pulau Jawa.

Infrastruktur Di Wilayah Palembang
yang Menjadi Kebanggaan Sumsel

Kepuasan yang dicapai H. Alex Noerdin tidak berhenti di situ saja. Sebagai gubernur, H. Alex Noerdin juga mendorong percepatan realisasi proyek-proyek yang terdapat dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) koridor Sumatera, seperti monorel, underpass, fly over, Jembatan Musi III, sejumlah ruas jalan tol, dan beberapa agenda pembangunan lainnya. Jika hal tersebut telah dibangun, maka tidak menutup kemungkinan, perekonomian Sumsel akan semakin tumbuh dengan baik, bahkan menjadi yang terdepan di tingkat nasional sehingga kegemilangan Sumsel terus bersinar.

Itulah beberapa bidang yang saya rasa sangat bersinar di bawah kepemimpinan H. Alex Noerdin. Jika bidang-bidang di atas, dan bahkan bidang-bidang lainnya terus ditingkatkan, maka keberhasilan dan prestasi yang telah dicapai saat ini, diharapkan dapat menjadi tonggak sejarah Sumsel untuk menjadi provinsi terdepan di Indonesia, yang pada akhirnya bermuara pada Sumsel Gemilang. Jika sudah begitu, maka rakyat akan hidup sejahtera, makmur, dan harmonis. Di samping itu pula, kejayaan Sriwijaya yang pernah berkedudukan di Sumsel dapat  kita tunjukkan kembali ke mata nusantara, bahkan dunia.

Sebelum mengakhiri tulisan ini, izinkanlah saya mengucapkan selamat Hari Jadi Provinsi Sumatera Selatan yang ke-67 tahun pada 15 Mei 2013 mendatang. Dengan momen bahagia ini, diharapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mampu untuk melakukan evaluasi dan introspeksi atas perjalanan yang telah diraih saat ini dan yang akan dicapai di masa mendatang. Dirgahayu Provinsi Sumatera Selatan yang ke-67!!!


Sumber tulisan:
http://www.alexnoerdin.co
antarasumsel.com
news.detik.com

Sumber gambar;
http://www.alexnoerdin.co
palembangdalamsketsa.blogspot.com




0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Ngobrol Asik..

Followers