Menjadi Member Alfamart: Hati Senang, Bertabur Hadiah



Sekitar setahun yang lalu, tak jauh dari rumahku orang berbondong-bondong menuju sebuah minimarket. Sepertinya minimarket itu baru buka
. Enak Mas Ilham belanja di minimarket itu, banyak diskon dan doorprize-nya, kata seorang tetanggaku. Aku tersenyum kecut. Banyak diskon? Doorprize? Bullshit! Aku dan keluarga tak mau tertipu lagi untuk kali keduanya.

Masih membekas di benakku hingga kini. Ketika itu ada minimarket yang baru buka. Letaknya sekitar 100 meter dari sebelah timur rumahku. Untuk menarik perhatian, minimarket tersebut membagikan balon, tumbler, panci, payung, dan bermacam hadiah menarik lainnya. Karena banyak orang yang membeli, maka aku pun tertarik. Lalu aku membeli pembersih wajah, pasta gigi, dan beberapa cemilan lainnya. 

Sesampai di rumah, aku panik. Perhitungan total belanjanya tidak sesuai. Lain di struk lain di label. Bergegas aku kembali ke minimarket itu. Ketika aku menyampaikan komplain, kepala tokonya berkata angkuh. Mau menang sendiri. Setelah sempat bersitegang untuk berapa lama, akhirnya aku menang. Sejak kejadian itu, aku tak pernah belanja di sana. Aku memilih berbelanja ke minimarket atau toko lain.

Alfamart Cabang Segaran Palembang

Beberapa hari kemudian, ternyata minimarket yang baru buka itu bertambah ramai. Kulihat dari kejauhan, warna cat minimarket itu kuning dipadu dengan warna merah. Lalu kubaca labelnya. Ternyata Alfamart namanya. Kutinggalkan minimarket itu, lalu aku berjalan pulang ke rumah. Sesampai rumah, di atas meja ruang tamu kulihat ada beberapa lembar brosur belanja. Kubaca, lalu kuteliti. Rupanya brosur belanja dari Alfamart. Aku sempat kaget. Harga-harga yang tertera di sana cukup murah. Tapi lagi-lagi, aku belum percaya. Aku tak mau dibohongi lagi.

Mulai Menjadi Member
Seperti biasa, malam hari adalah waktuku nongkrong di depan laptop. Kadang melanjutkan tugas. Kadang berselancar di dunia maya, chatting, surfing, googling, browsing, sampai  downloading. Saat aku membuka akun facebookku, ada seorang teman yang tagging foto. Ketika kulihat dan kubaca, ternyata info tentang lomba menulis pengalaman menggunakan produk pewangi pakaian dengan hadiah sangat menarik. Kebetulan kami sekeluarga menggunakan pewangi pakaian tersebut. Lalu kuberitahu kakakku perihal lomba itu. Kakakku sangat antusias.

Tapi sedetik kemudian, kami diserang rasa bingung. Pasalnya pada persayaratan, dijelaskan kalau peserta diharuskan membeli pewangi pakaian hanya di Alfamart dan harus menjadi  member. Maka keesokan harinya, aku dan kakakku memutuskan untuk mendaftar menjadi member.

Karena makin penasaran dengan Alfamart, lalu aku mencari tahu tentang Alfamart. Ku-like Fanpage Alfamart Sahabat Indonesia. Kutemukan banyak informasi di sana. Tentang info lomba, tentang diskon produk, tentang produk baru, dan sejumlah hal menarik lainnya. Setelah itu, aku menjelajahi websitenya. Di website ini, aku lebih banyak mendapatkan informasi yang tak kalah menarik dari di fanpage-nya. Mulai dari info belanja di Alfamart, waralaba diAlfamart, promo Alfamart, pengumuman pemenang Alfamart, kalender belanja, karir di Alfamart, sampai event yang kerap diadakan oleh Alfamart. Lengkap rasanya. Satu per satu, kemudian kubaca informasi itu. Sejam kemudian, mulutku mulai menguap. Mataku sudah mengantuk. Kumatikan laptopku, lalu aku beranjak tidur.

Member Card Keluarga Besarku plus Mangkuknya
(Sayangnya, mangkuk satunya udah pecah)
Sesuai janjiku semalam, maka pada pagi harinya aku pergi ke Alfamart bersama kakakku. Tiba di pintu masuk, kami disambut ramah dengan seorang karyawati yang telah berdiri di sana. “Selamat Datang di Alfamart!” katanya kepada kami ramah. Aku lantas melebarkan senyum. Dia pun membalasnya. Langsung saja kami menuju ke arah kasir. Bertanya lebih jauh tentang apa saja persyaratan untuk menjadi member. Dengan ramah dan tutur kata yang sopan, kasir itu berbicara kepada kami. Dijelaskannya secara rinci kalau menjadi member kami akan mendapatkan ini, memperoleh itu, dan lain sebagainya.

Usai menjelaskan panjang-lebar, lalu si kasir tersebut meminta KTP kepada kami. Karena aku tak membawa KTP, akhirnya kakakku saja yang mendaftar. Kakakku hanya cukup membayar Rp 15.000,- untuk menjadi member. Setelah kakakku menyerahkan uang tersebut, tiba-tiba kasir itu memberikan kakakku sebuah mangkuk. Ukuran mangkuknya cukup besar dan tebal. Kulihat raut wajah kakakku sumringah. 
“Ini untuk saya, Mbak? “ kata kakakku.
“Iya Bu, setiap orang yang menjadi member di Alfamart akan mendapatkan mangkuk,” jelas kasir itu.

Kemudian kakakku bergegas membeli pewangi pakaian yang sedang dilombakan. Sesampai di rumah, langsung ia tulis pengalaman itu dan dikirim melalui website dan fanpage Alfamart. Sebulan kemudian, pengumuman pemenang pun keluar. Dan ternyata, nama kakakku dinobatkan sebagai juara 2. Kami berteriak girang. Kegirangan kami pun semakin bertambah ketika pihak Alfamart menelepon kakakku untuk datang ke kantor pusat Alfamart cabang Palembang guna pengambilan hadiah. Karena kakakku memiliki anak bayi, maka ia wakilkan kepadaku.

Sejak saat itu, aku pun mulai tertarik menjadi member. Bahkan bukan cuma itu, aku juga mulai merekomendasikan saudara, kakak ipar, dan teman terdekatku untuk bergabung menjadi member Alfamart. Dan, mereka pun menuruti perkataanku. Senangnya!

Sering Dapat Hadiah dari Alfamart
Semenjak memenangkan lomba menulis pengalaman tersebut, aku, kakakku, dan keluarga besarku semakin sering belanja di Alfamart. Apa-apa pokoknya pergi ke Alfamart. Selain itu, keputusan keluarga untuk belanja di Alfamart memang harga-harga yang ditawarkan Alfamart cukup murah. Apalagi kalau ada program Buy two, Free One, diskon gede-gedean, promo berhadiah, pasti ke Alfamart belanjanya. Hehehe buka rahasia.

Tak cukup sampai disitu. Ketika kita menggunakan member card saat berbelanja, maka kita banyak mendapatkan keuntungan, seperti penambahan point, dapat mengikuti lomba menulis atau foto dengan hadiah menarik, mengikuti promo berhadiah, seperti Promo Rejeki Ramadhan Ibadah Umroh Gratis  dan Semarak Ulang Tahun 13. Untungnya lagi, kalau ada promo hadiah, kita sebagai member akan mendapatkan extra 1 kupon di ekor struk.

Foto ini Menang dalam Program Produk A Ramadhan

Sejak memenangkan lomba dari Alfamart, sejak itu pula aku tak absen berkunjung ke fanpage Alfamart Sahabat Indonesia dan website Alfamart. Mencari tahu tentang info lomba yang sedang berlangsung. Dan Alhamdulillah, beberapa kali ikut kontes foto yang diadakan oleh Alfamart, fotoku kerap dinyatakan sebagai pemenang. Bukan hanya sebatas itu. Aku juga pernah mendapatkan Voucher Gratis dari Alfamart dalam rangka Hari Pelanggan dan mendapatkan voucher dari program Berbagi Cerita Ramadhan Bersama Alfamart.


Tak pelak, voucher belanja Alfamart sebesar 25 ribu, 50 ribu dan 100 ribu sering masuk ke inbox ponselku. Dan yang aku suka, pengiriman hadiah vouchernya tidak memakan waktu lama. Cuma 3 hari. Itupun paling lama. Pernah suatu hari, kakak iparku juga mendapatkan kejutan Ronda Sore Alfamart yang dilakukan oleh pihak Alfamart cabang Palembang karena dia kedapatan membawa member card Alfamart. Sebagai imbalannya, kakakku mendapatkan tumbler. Saking senangnya, dia langsung mengirim pesan singkat kepadaku. Mendengar berita baik itu, aku pun ikut senang. Tapi sayangnya, kenapa pas aku belanja, Alfamart tidak mengadakan kejutan ronda sore pada Alfamart yang kukunjungi. Hikz… hikz… :(

Penyerahan Hadiah
 dari Program Shinzui Goes to Japan Bareng Alfamart

Makin Dekat dengan Karyawan Alfamart
Dari sekian banyak pusat perbelanjaan yang pernah kukunjungi, hanya Alfamart yang selalu menyapa pelanggannya ramah. Di samping itu, tata letak tokonya rapi dan nyaman. Aku berkata seperti ini bukan karena ingin cari muka. Bukan pula cari perhatian. Ini sesuai dengan pengalamanku. Aku ingat betul. Saat itu aku hendak membeli susu keponakan di Alfamart di pagi hari. Karena baru buka, aku mengonyor masuk saja. Seketika, seorang pramuniaga yang tengah merapikan barang-barang di etalase tak jauh dariku bangkit, kemudian menyusulku tergesa. Dia langsung mngucapkan salam khas Alfamart, apalagi kalau bukan Selamat Datang di Alfamart! Jujur, aku speechless. Sebagai pembeli, aku merasa diperlakukan dengan baik. Bahkan sangat baik.

Keseringanku menukarkan voucher belanja dari hasil memenangkan kontes yang sering diadakan oleh Alfamart dan belanja keperluan sehari-hari, membuatku semakin dekat para karyawan Alfamart, termasuk kepala tokonya. Hampir semua karyawan Alfamart yang kukunjungi terutama Alfamart Cabang Ali Gathmir Palembang dan Alfamart Cabang Segaran Palembang kenal denganku.
“Mas, gimana sih dengan mudahnya mendapatkan voucher melulu?” tanya seorang kasir Alfamart, Mbak Misna kalau tidak salah namanya.
Aku tersenyum. Dia makin penasaran.
“Mudah kok, cukup menjadi member Alfamart. Pantangin terus fanpage Alfamart, lalu ikuti lomba yang sedang diadakannya.” Jelasku padanya.
 Oo… itu tho’ kuncinya,” sahutnya kemudian.

Ketika aku hendak melangkah pulang, Mbak Misna meminta nomor ponselku.
“Mas Ilham, bisa minta no hp-nya?” pintanya.
“Untuk apa, ya Mbak?” aku balik bertanya.
“Gini Mas, kalau ada promo barang murah atau promo hadiah menarik dari Alfamart, saya bisa langsung mengirimkan sms pada Mas,” terangnya.
“Boleh,” jawabku singkat.

Beberapa hari kemudian, aku sempat kaget. Ada nomor yang tak kenal mengirim sms padaku. Setelah kubaca isi smsnya, ternyata dari Mbak Misna, kasir Alfamart. Kalau tidak salah begini bunyinya: Mas Ilham ini Misna kasir Alfamart. Saya mau kasih tau aja, kalau di Alfamart lagi mengadakan promo beli 1 es krim merek x dapat 1. Sesaat aku terdiam. Baik banget ini kasir, kataku dalam hati. Karena dia telah baik hati, maka malam harinya aku pergi ke Alfamart. Kubeli es krim tersebut. Dan ternyata benar. Saat aku beli 1, aku mendapatkan 1.

Ikut Berpartisipasi dalam Acara GOWES
Sejak saat itu dia kerap mengirimkan info tentang apa saja yang berkaitan dengan promo Alfamart padaku. Mulai dari promo Buy One Get One Free (BOGOF), diskon, promo undian berhadiah, dan lain sebagainya. Sebenarnya info-info yang telah diberikannya itu kerap aku dapatkan lebih dulu melaui pusat sms Alfamart, fanpage dan website. Tapi bagiku tak masalah. Hitung-hitung menambah berita dan informasi, pikirku.

Jujur, aku bersyukur menjadi member Alfamart. Tak salah rasanya aku menjadi bagian dari minimarket yang terus melebarkan sayapnya itu sampai ke pelosok Tanah Air. Selain banyak mendapatkan keuntungan dan hadiah, aku juga banyak mendapatkan teman yang memiliki keprofesionalan dalam bekerja. Itulah pengalamanku dan anggota keluargaku selama menjadi member Alfamart.

Kumpulan Struk Belanja di Alfamart
Semoga dengan tulisanku ini, bisa membuka mindset orang-orang di luar sana untuk menjadi member Alfamart. Karena dengan bergabung sebagai member Alfamart, banyak sekali keuntungan yang akan kita raih. Seperti aku contohnya. Hehehe :) Masih berpikir lama untuk bergabung menjadi member Alfamart? Buruan, datangi segera gerai Alfamart di kota Anda dan dapatkan keuntungannya!

1 comments:

Alexa Vidia said...

Sipp mas...makasih reviewnya, aku jg lagi pengen bikin kartu Aku,pengen jd membernya

Post a Comment

Blog Archive

Ngobrol Asik..

Followers