Daihatsu Terios, Menjadikan Petualangan Anda Semakin Menyenangkan

Bagi kebanyakan orang, melakukan petualangan adalah sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Bahkan lebih dari itu. Melakukan petualangan dapat meningkatkan rasa kepedulian, rasa ingin tahu, menambah ilmu pengetahuan, memacu adrenalin dan menghapus rasa jenuh setelah bekutat dengan kesibukan kerja di kantor.

Tapi sayangnya, banyak orang yang tidak memperhatikan hal-hal yang perlu diwaspadai saat melakukan petualangan. Mereka hanya membawa bekal secukupnya dan menggunakan kendaraan yang bukan untuk berpetualang. Tak heran, sering kita dengar mobil yang mereka kendarai kerap terjerembab masuk kubangan lumpur dan tidak bisa bergerak lagi.

Tentunya, agar bisa melakukan petualangan yang seru dan mengasyikkan, perlu diperhatikan beberapa hal, salah satunya yaitu dalam hal pemilihan kendaraan. Mengapa memilih kendaraan menjadi prioritas utama dalam melakukan petualangan? Mungkin, pembaca sekalian bisa menebaknya. Karena dengan memilih kendaraan yang memiliki penampilan maskulin dan mempunyai ketangguhan dalam melibas di segala medan saat berpetualang, artinya mempercepat kita untuk sampai ke tempat petualangan. Sehingga kita dapat dengan mudah, melihat dan menyaksikan dari dekat keindahan panorama yang kita inginkan.

Tapi kini, bagi Anda pencinta alam dan wisata petualangan, tidak perlu khawatir dalam memilih kendaraan. Pasalnya saat ini, telah hadir mobil dengan kekuatan yang mampu melintasi jebakan lumpur dan tanjakan-turunan yang berliku saat Anda melakukan petualangan. Adalah Daihatsu Terios jawabannya. Mau tahu lebih jauh tentang Daihatsu Terios? Yuk, baca ulasan di bawah!

Mengenal Lebih Dekat Daihatsu Terios

Gaya Sporty Berpadu Ketangguhan dan Teknologi, mungkin kata-kata itulah yang cocok untuk mengggambarkan mobil besutan dari PT Daihatsu Indonesia satu ini. Lantaran  variannya dirancang dengan penampilan sporty/macho dan tangguh sesuai kebutuhan seorang petualang. Untuk tipenya sendiri, Daihatsu Terios mempunyai 4 varian, yaitu  Tipe TS 1.5 M/T, Tipe TS 1.5 A/T, Tipe TX 1.5 M/T, dan Tipe TX 1.5 A/T.

Desain Eksterior Daihatsu Terios
Salah satu kenyamanan yang diperoleh dari seorang petualang dengan menggunakan Daihatsu Terios adalah performanya yang lebih disempurnakan dengan dilengkapi 1.5 VVT-I Powerful Engine, Electronic Power Steering untuk kemudi yang lebih ringan, MacPherson Strut with Coil Spring Suspension untuk kestabilan berkendara, Disc Brake untuk kualitas pengereman yang lebih mantap, serta TAF Body yang memberikan keamanan maksimal dengan memiliki fungsi menyerap benturan.

Desain Interior Daihatsu Terios
Di samping itu, Daihatsu Terios juga dilengkapi dengan Projector Headlamp (TX) yang didesain sporty yang memberikan pencahayaan maksimal namun tidak menyilaukan, Real Lamp yang dirancang lebih modern dan dinamis, serta meningkatkan visibilitas kendaraan dari belakang, New Center Cluster yang dibuat secara sporty dan mewah dengan balutan aksen metal dan chrome, Ac Double Blower (TX) yang dapat dinikmati di setiap sudut kabin, menjadikan perjalanan Anda kian menyenangkan, New Meter Combination yang didesain sporty dan mewah namun tetap mudah dibaca, serta 7 Seater, tempat duduk yang nyaman dan lega untuk 7 penumpang.

Untuk bagian eksterior sendiri, Daihatsu Terios dilengkapi juga dengan Front Bumper yang dikemas lebih kokoh dan aerodinamis, Rear Bumper yang lebih kokoh dan sporty, Real Combination Lamp yang lebih premium dan sporty, dan lain sebagainya.

Sementara untuk bagian interior, dilengkapi dengan Meter Combination yang didesain sporty dan mewah namun mudah baca, Shift Knob With Shift Lock yang didesain sporty dan ekonomis dilengkapi juga dengan Shift Lock (A/T) sehingga lebih aman saat parker di jalan menanjak/menurun, Center Cluster (TX) yang diciptakan dengan sporty dan mewah dengan balutan aksen metal dan chrome.

Berbicara masalah bahan bakarnya, tenang saja, Anda tak perlu was-was. Karena Daihatsu Terios merupakan kendaraan hemat bahan bakar alias irit dan ramah lingkungan. Untuk lebih dekat dan mengetahui keunggulan Daihatsu Terios, Anda bisa mengklik link ini : http://www.daihatsu.co.id/products/highlight/terios

Daihatsu Terios Menjelajahi Pulau Sumatera

Ketangguhan Daihatsu Terios melibas medan yang terjal dan berliku, membuat keputusan PT Daihatsu Indonesia berkeinginan menjajalnya dengan melakukan jelajah keindahan alam Indonesia bersama tim jurnalis. Pada kali ini, PT Daihatsu Indonesia menjelajahi Pulau Sumatera dengan mengangkat tema petualangan Terios 7-Wonders. Di mana dalam perjalanan ini, PT Daihatsu Indonesia menggunakan 3 unit Daihatsu Terios Hi-Grade Type TX AT dan TX MT.

Meninggalkan Jakarta Menuju Liwa
Pertanyaannya sekarang, kenapa PT Daihatsu Indonesia memilih Pulau Sumatera sebagai target petualangan? Pertama, Pulau Sumatera terkenal dengan keindahan alamnya dan kedua, Pulau Sumatera terkenal sebagai penghasil kopi berkualitas. Sehingga tema perjalanan dinamai juga dengan "Sumatera Coffee Paradise." Hal ini menunjukkan kalau PT Daihatsu Indonesia memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kopi yang merupakan salah satu aset negara yang sudah selayaknya menjadi bagian dari kebesaran Indonesia. 

Jejak Petualang Terios 7-Wonders dimulai kali petama dengan meninggalkan Jakarta menuju Liwa. Liwa adalah sebuah wilayah Lampung Barat yang memiliki hawa nan sejuk khas pegunungan. Dan Liwa merupakan jalur strategis yang menghubungkan tiga wilayah provinsi, Lampung, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Namun, untuk melintasi jalan tersebut tak mudah. Lantaran jalanan didominasi dengan tingkungan, liukan dan tanjakan terjal. Tak mengherankan, membuat tim 7 Wonders untuk cekat dalam melakukan perpindahan transmisi.

Dari Liwa, kemudian tim 7 Wonders bergerak menuju Danau Ranau yang ada di Sumatera Selatan. Sayangnya, di sepanjang perjalanan menuju Danau Ranau, tim disambut dingin yang menusuk. Maka untuk mengurangi rasa dingin itu, tim memutuskan untuk beristirahat melepas lelah dengan menegak Kopi Luwak khas Liwa. Setelah itu, tim 7 Wonders baru melanjutkan perjalanan kembali ke Danau Ranau.

Sehabis mendapatkan penjelasan panjang lebar tentang dunia perkopian di Danau Ranau, OKU,  lalu tim 7 Wonders bergegas menuju Lahat. Di Lahat, tim 7 Wonders disambut langsung oleh Orang nomor satu di Lahat, H Saifudin Aswari Riva'i SE. Tim 7 Wonders terlibat percakapan panjang dengan bupati dengan diselingi menyantap kopi khas Lahat. Dan kabar gembiranya, Bupati Lahat menggunakan Dahatsu Terios sebagai mobil dinasnsya. Sayangnya, tim 7 Wonders tidak bisa berlama-lama di kota satu ini. Pasalnya, perjalanan panjang masih menanti mereka.

Menuju Pagaralam
Dari Lahat, tim 7 Wonders bergerak menuju persinggahan berikutnya, yakni Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Tantangan berat pun harus dilalui oleh tim 7 Wonders. Lantaran jalanan menuju kota Pagaralam agak bergelombang dan berkelok. Namun tak menyurutkan langkah tim 7 Wonders untuk melewatinya. Dengan shifter matik Terios pun berpindah-pindah. Ketika tanjakan lumayan terjal agar akselerasi tetap terjaga posisi shifter bergeser ke L. Begitu sudah agak landai bergeser lagi ke 2 , D-3 dan juga D. Meski penuh dengan penumpang dan barang bawaan, ternyata ketiga terios yang terdiri dari 2 tipe matik dan 1 manual akhirnya berhasil mengatasi tantangan jalanan tersebut. 

Di kota yang terkenal dengan hasil perkebunannya ini, tim 7 Wonders menyaksikan langsung seperti apa pengolahan kopi. Ternyata, sistem pengolahannya hampir mirip dengan sentra kopi di Liwa dan Lahat. Selanjutnya,  tim 7 Wonders langsung mengarahkan tujuan menuju Kabupaten Empat Lawang (Tebing Tinggi), Sumatera Selatan. Biji-bji kopi yang dihasilkan di kabupaten ini sangat berkualitas. Hampir di setiap sudut Kabupaten Empat Lawang ada kebun kopinya. Beranjak dari sana, tak mengherankan kalau kopi dijadikan sebagai komoditas andalan.

Perjalanan Menuju Curup, Bengkulu
Petualangan seru bersama 3 Daihatsu Terios kembali dilakukan. Dari Desa Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang rombongan bergerak menuju ke Curup – salah satu sentra penghasil kopi di daerah Bengkulu melalui Kepahiang. Jalanan berkelok-kelok naik dan turun membuat tim seolah sedang menari bersama Terios. Jalanannya relatif sepi namun sempit. Namun lagi-lagi tim 7 Wonders tidak kehabisan akal. Dengan segala daya dan upaya tim terus bergerak maju.

Beruntung, tim 7 Wonders menggunakan Daihatsu Terios. Beberapa kali kejeblos di lubang jalan, melintasi tanjakan dan kelokan selama menempuh perjalanan kota Bengkulu, namun tim tidak menemukan masalah berarti. Itulah kehebatan dan keunggulan Daihatsu Terios. Di Bengkulu,  tim 7 Wonders memutuskan untuk beristarahat agak lama. Mengingat rute Bengkulu – Bukittinggi melalui Padang akan ditempuh secara langsung. Di samping itu, tim 7 Wonders ikut berpartisipasi dalam acara CSR PT Daihatsu Indonesia berupa penyerahan bantuan untuk Posyandu dan juga UKM.

Perjalanan Menuju Bukittinggi melalui Muko-muko
Puas menikmati keindahan alam di Bengkulu, rombongan 7 Wonders melewati rute perjalanan menuju Bukittinggi melalui Muko-muko. Walaupun rute yang dilalui banyak melintasi pantai, namun panasnya sangat menyengat. Ditambah lagi dengan tikungan-tikungan yang tajam dan karakter tanjakan dan turunannya agak terjal, membuat  rombongan 7 Wonders harus lebih waspada. Meski demikian, performa Terios masih tetap aman dan tangguh.

Di Kota Bukittinggi, rombongan 7 Wonders sempat berfoto di Ngarai Maninjau. Setelah itu perjalanan segera dilanjutkan ke perkebunan kopi rakyat di Mandailing (Mandheling) Natal, Sumatera Utara. Di wilayah Mandailing (Mandheling) Natal, rombongan menghampiri Desa Sambang Banyak Jae Ulu Pungud. Desa ini merupakan penghasil kopi Arabica berusia puluhan tahun dan kualitasnya tak diragukan lagi.

Sehabis itu, rombongan
7 Wonders Bertolak ke ke Tarutung. Sayangnya,  kondisi jalannya tak stabil. Sebagian mulus sebagian lagi rusak parah sehingga membuat tim 7 Wonders bekerja ekstra untuk melewati medan berat ini. sesampai di Tarutung,  rombongan 7 Wonders singgah mengisi perut sembari memulihkan stamina setelah menuju Kota Medan.



Aksi Peduli di Medan
Kembali, di kota yang terkenal dengan Bika Ambonnya ini tim 7 Wonders melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini disinergikan dengan program CSR PT. Astra Daihatsu Motor (ADM). Pada acara ini, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) menyerahkan secara simbolis penyerahan bantuan kepada 2 Posyandu dan 5 UMKM.

Sebelum meninggalkan Medan, rombongan 7 Wonders melakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu agar saat perjalanan menuju Sabang tidak mengalami hambatan. Seusai melakukan pengecekan dan check out dari Hotel Santika Medan, tiga Terios pun segera bergerak menuju provinsi Serambi Mekkah. Rute perjalanan yang ditempuh adalah Kota Langsa lalu menuju wilayah Takengon.

Melewati Jalan Berbatu Menuju Takengon, NAD
Sama seperti perjalanan sebelumnya, ketika hendak memasuki wilayah Takengon, kemampuan 3 Terios lagi-lagi diuji. Pasalnya tim harus melintasi trek perbukitan yang dipenuhi  tanah berbatu dengan beragam kontur. Beruntung, rombongan dapat melewatinya dengan maksimal. Di Kota Takengon, tim diajak oleh seorang pengusaha kopi mampir ke gudang dan laboratorium kopi miliknya dan menegak kopi luwak khas tanah Takengon. Mantaapp!

Dari sana, tim kemudian melanjutkan perjalanan ke Sabang. Setibanya di Sabang, tepatnya di tugu “Nol” Kilometer, diadakan seremoni singkat menandai berakhirnya petualangan ini. Akhirnya, perjalanan yang penuh pengalaman menarik selama 15 hari yang dimulai dari VLC Sunter Jakarta dengan total jarak 3.657 km berakhir sudah. 

Di Tugu Nol Kilometer
Kesimpulan

Perjalanan panjang tim Terios 7-Wonders menjelajahi Pulau Sumatera, memang tak mudah. Rombongan harus berjibaku melintasi jalan yang berliku, tanjakan-turunan, melewati trek perbukitan yang dipenuhi  tanah berbatu dengan beragam kontur, dan sebagainya. Namun, berkat keyakinan dan keinginan kuat untuk melihat langsung kebun dan pengolahan kopi, akhirnya mereka berhasil mengunjungi 7 spot titik perkopian di Sumatera, mulai dari Liwa (Lampung), Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Curup –Kepahiang, Mandailing Natal dan Takengon, Aceh.

Dan yang membuat tim semakin bertahan sampai akhir tujuan, karena tim Terios 7-Wonders ditunjang dengan fasilitas yang memadai, terutama mobil yang dikendarai. Apalagi kalau bukan Daihatsu Terios. Terbukti, dengan ketangguhan dan kualitasnya, performa Daihatsu Terios tetap aman, tidak mengalami masalah yang berarti dari awal hingga akhir perjalanan.

Masih berpikir lama untuk menggunakan Daihatsu Terios sebagai mobil untuk berpetualang? Rasanya pikiran itu harus dibuang jauh-jauh. Bergegas ganti mobil yang sering Anda gunakan untuk petualangan dengan Daihatsu Terios. Selain harganya tidak terlalu mencekik, kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi.

Demikianlah tulisan saya di blog kali ini. Semoga dapat menginspirasi pembaca sekalian!


Sumber Tulisan dan Foto:
http://www.daihatsu.co.id/terios7wonders/news 

http://www.daihatsu.co.id

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Ngobrol Asik..

Followers