Mengingat Kembali Jasa-Jasa Para Pahlawan

Oleh : Ilham Buchori

Kita ingat bahwa ada pepatah yang mengatakan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannnya.” Untuk itulah, melalui blog ini saya mengingatkan kepada pembaca sekalian agar kita mengenang jasa atau pengabdiannya terhadap negeri yang dikenal dengan negara agraris ini.

Hendaknya kita sebagai penerus bangsa harus menghargai dan menghormati perjuangan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Kita lihat di zaman penjajah, banyak rakyat Indonesia yang mengalami kelaparan, kehausan, kekejaman, dan penindasan yang dilakukan oleh penjajah yang tidak memiliki hati nurani itu.
Belum lagi di berbagai wilayah Tanah Air, banyak terjadinya pertumpahan darah. Dengan kerja keras dan kegigihannya, para pahlawan dari belahan wilayah Indonesia, berjuang mati-matian untuk mengusir penjajah dari negeri yang mereka cintai. Mereka rela mengorbankan harta, jiwa, dan raga mereka demi bangsa ini. Kita lihat Jenderal Sudirman rela mengorbankan raganya untuk Tanah Air, walau beliau menderita penyakit, namun ia tetap saja berperang melawan penjajah (Belanda). Bayangkan oleh kita! Beliau sedang sakit! Tapi kecintaannya terhadap bangsa ini, sangat besar sekali.

Mereka (para pahlawan) tidak memikirkan keluarga, kerabat, handai taulan, bahkan harta mereka. Yang mereka pikir bagaimana caranya negeri ini bisa keluar dari kekejaman, kejahatan, dan penindasan penjajah. Sekarang kita hanya bisa menikmati hasil jerih payah mereka. Kita tidak memikirkan bagaimana perjuangannya mereka melalui sebuah proses panjang, berliku, memeras pikiran dan keringat untuk meraih kebebasan alias kemerdekaan itu.

Apakah kita mau, bangsa ini dijajah kembali oleh bangsa lain? Tentunya tidak. Kita sebagai generasi penerus, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, pejabat, bahkan rakyat jelata sekalipun hendaknya memanfaatkan moment bersejerah ini dengan cara belajar dengan tekun. Dan apapun bakat yang kita miliki harus kita kembangkan. Adapun tujuan dari itu semua, agar bangsa yang kaya akan sumber daya alam ini dapat menjadi bangsa yang memiliki semangat kebersamaan untuk meraih satu tujuan.

Mulailah dari sekarang kita memperbaiki diri masing-masing agar bangsa ini tidak lagi ditindas dan dijajah oleh penjajah. Pandai-pandailah membawa diri kita agar tidak terjerumus ke jurang kehancuran. Bekali diri kita dengan ilmu dan amal agar bangsa ini menjadi bangsa yang benar-benar yang mengingat dan mengahrgai jasa para pahlawannya.

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Ngobrol Asik..

Followers